SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 11042032


NAMA MAHASISWA : DIAZ HARDIANSYAH


JUDUL TA : PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SURABAYA-MOJOKERTO STA 20+00-STA 25+00 SURABAYA-MOJOKERTO, JAWA TIMUR


DOSEN PEMBIMBING 1 : Pinardi Kustalam


DOSEN PEMBIMBING 2 :


ABSTRAK : Diaz Hardiansyah, 2016. Perencanaan Geometrik Dan Tebal Perkerasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya–Mojokerto Sta 20+00 – Sta 25+00 Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur. Laporan Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Bhayangkara Surabaya. Dosen Pembimbing : Prof. Ir. Pinardi Kustalam, M.Sc.. Permasalahan transportasi yang muncul di Surabaya Jawa Timur yaitu bertambahnya presentase jumlah kendaraan tanpa diimbangi dengan pertumbuhan jumlah jalan yang memadai maka dari itu perlu adanya pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto untuk mengurangi permasalahan kemacetan. Perencanaan ini diambil sebagai pertimbangan hasil dari perencanaan yang telah direncanakan sebelumnya. Laporan akhir ini yang dihitung meliputi geometrik jalan, alinyemen horizontal, alinyemen vertical, superelevasi, tikungan dan menghitung tebal perkerasan jalan. Data lalu lintas, data curah hujan, California Bearing Rtaio (CBR) dan data geometrik digunakan untuk merencanakan tebal perkerasan jalan. Metode yang digunakan untuk merencanakan geometric adalah metode Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol Bina Marga 2009. Untuk tebal perkerasan menggunakan metode Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat ditentukan kelas jalan Tol Surabaya-Mojokerto adalah arteri kelas 1 dengan 6 lajur, lebar jalan 3,75 m/lajur dengan bentuk tikungan PI 02 Spiral-Spiral, PI 03 Spiral-Spiral dan PI 04 full Circle, bentuk PPV 1 cekung dengan g1 = 0,000 %, g2 = 0,500 % dan PPV 2 cembung dengan gl = 0,500 %, g2 = 0,357 %. Tebal perkerasan untuk surface 5 cm, base 20 cm, serta subbase 17 cm.


KATA KUNCI : perencanaan geometri jalan dan tebal perkerasan jalan