SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 12043009


NAMA MAHASISWA : YENNY WIJAYANI


JUDUL TA : Sistem Cerdas Deteksi Gangguan Indihome Berdasarkan Metode Penalaran Maju Studi Kasus CV. Cipta Media Daya


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rani Purbaningtyas


DOSEN PEMBIMBING 2 :


ABSTRAK : CV. Cipta Media Daya selain melayani pemasaran Indihome juga melayani kebutuhan customer seperti keluhan gangguan dan tagihan Indihome. Permasalahan yang dihadapi para marketing yaitu keluhan customer terhadap gangguan yang terjadi pada layanan Indihome. Customer yang menikmati layanan Indihome Triple Play sering kali mengalami gangguan pada konektivitas Indihome. Biasanya dalam penanganan gangguan Indihome pihak Telkom sudah memiliki customer service online yaitu (031) 147 atau offline bisa langsung ke Plasa Telkom terdekat. Tidak menutup kemungkinan dikarenakan keterlambatan penanganan maka customer akan menghubungi marketing yang telah memproses pengajuan pemasangan Indihome. Untuk membantu mendeteksi dan mencari solusi untuk masalah ini maka diciptakan aplikasi yang dapat membantu marketing dalam menangani komplain gangguan Indihome dari customernya. Dalam penelitian ini sistem yang dikembangkan dengan menerapkan metode penalaran maju ( forward chaining ). Metode ini memberikan diagnosa gangguan pada Indihome yang berdasarkan fakta yang dikumpulkan dari wawancara dengan pakar/teknisi dalam sesi konsultasi. Hasil dari penelitian ini adalah membuat sistem yang dapat mendeteksi gangguan Indihome Dengan sistem ini dapat membantu marketing dalam mendeteksi gangguan pada Indihome dan membantu customer agar cepat dalam penanganan gangguan pada Indihome. Dari pengujian sistem yang dilakukan secara black box testing dengan menggunakan teknik Functional testing maka hasil testing sesuai dengan aturan rule menggunakan metode forward chaining sedangkan pengujian uji validitas kuesioner dinyatakan valid untuk setiap item pertanyaan karena nilai r hitung > dari r tabel atau product moment.


KATA KUNCI : Kata kunci: Indihome, Intelegensia Bisnis, Sistem Pakar, Forward Chaining