SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 09043077


NAMA MAHASISWA : MUHAMMAD FAKHRI RAJAB


JUDUL TA : Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketing Terbaik Berdasarkan Key Performance Indicator Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Surabaya)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Arif Arizal


DOSEN PEMBIMBING 2 : Syariful Alim


ABSTRAK : ABSTRAKSI Memasuki era pasar bebas strategi marketing menjadi hal penting dalam keberlangsungan dan pengembangan perusahaan. Perusahaan perlu mengatur hal-hal yang berkaitan dengan marketing secara optimal. Terutama pengambilan keputusan SDM marketing terbaik. Pengambilan keputusan marketing terbaik harus dilakukan secara tepat, cermat dan cepat. Oleh sebab itu perlu dibuat sistem pendukung keputusan (SPK) pemilihan marketing terbaik berdasarkan key performance indikator (KPI). Metode TOPSIS mampu memilih altrenatif terbaik dan mengurutkan alternatif-altrenatif dari nilai terbesar ke nilai yang terkecil. Perancangan sistem dilakukan dengan menganalisis permasalahan, kebutuhan sistem, dan menganalisis data. Kedua merancang sistem dan ketiga mengimplementasikan sistem. Script program untuk perhitungan dengan metode TOPSIS dimulai dari perhitungan matrik normalisasi, matrik terbobot, solusi ideal positif dan negatif jarak solusi serta nilai preferensi akhir. Pengujian yang digunakan adalah pengujian blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsionalitas perangkat lunak. Uji proses TOPSIS dapat dilakukan dengan mencocokan antara perhitungan manual dengan output SPK. Nilai preferensi/skor akhir terbesar merupakan alternatif terbaik dan sebaliknya. Dari data diperoleh bahwa marketing terbaik adalah Hendro Pranoto dengan skor 0,7485, diikuti oleh Barry (0,6999), Laurens (0,6343) dan terakhir Yaber dengan nilai 0,327.


KATA KUNCI : SPK, marketing terbaik, metode TOPSIS, key performance indikator.