SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 11043052


NAMA MAHASISWA : DERAJAT ARIES CHRISTANTO


JUDUL TA : KLASIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN RUNNING REPAIR DAN DOCKING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES ( STUDI KASUS : PT GALANGAN PELNI SURYA )


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 :


ABSTRAK : Kepuasaan pelanggan adalah suatu kondisi dimana harapan, permintaan, dan keperluaan pelanggan terpenuhi. Kepuasaan pelanggan sangat penting bagi perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan bisnisnya, karena dapat memberikan dampak positif berupa meningkatnya profit dan pujian positif untuk layanan yang diberikan. Pada saat ini semakin meningkat kesadaraan pelanggan akan perlunya kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Pelanggan akan membandingkan pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima.Tujuan penilitian ini untuk mengklasifikasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem evaluasi kepuasaan pelanggan berbasis web dengan menerapkan teknik data mining dengan metode naïve bayes. Metode naïve bayes yang diterapkan dalam penelitian ini untuk menghitung probabilitas terbesar pada variabel independenyang telah ditentukan seperti aplikasi, ketepatan, kenyamanan, keramahan, sedangkan variabel dependen dalam klasifikasi ini adalah puas atau tidaknya pelanggan. Hasil penelitian ini yaitu sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat untuk mengevaluasi kepuasan terhadap pelayanan Go-jek. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pihak perusahaan untuk meningkatkan pelayanan. Kata Kunci: Data Mining, PHP, metode Naive Bayes,


KATA KUNCI : Data Mining, PHP, metode Naive Bayes,