SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 12043069


NAMA MAHASISWA : LEDYANA


JUDUL TA : AUGMENTED REALITY SEBAGAI EDUKASI PENGENALAN BINATANG BERBASIS APLIKASI ANDROID


DOSEN PEMBIMBING 1 : Arif Arizal


DOSEN PEMBIMBING 2 : R. Dimas Adityo


ABSTRAK : ABSTRAK Pengenalan hewan kepada anak dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas. Dengan berkembangnya teknologi informasi, sarana pengenalan hewan dapat dilakukan menggunakan perangkat berupa personal computer, Laptop maupun smartphone. Perkembangan teknologi Augmented Reality pada smartphone akan mempermudah anak usia taman kanak-kanak (TK) dalam mengenal beberapa jenis hewan. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat aplikasi Pengenalan Hewan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi Pengenalan Hewan ini adalah study literature, eksperimen, sampling dan interview. Pembuatan diawali dengan mengumpulkan data hewan yang akan dibuat sebagai model menggunakan software Blender. Perancangan aplikasi Augmented Reality menggunakan software Unity dengan merancang marker yang dibuat menggunakan Inkscape, suara yang diedit menggunakan Audacity dan model hewan yang telah dibuat. Fitur yang ada dalam aplikasi ini adalah beberapa jenis hewan yang ditampulkan secara 3D dengan suara dan animasi menggunakan teknologi Augmented Reality. Hasil dari pengujian aplikasi Pengenalan Hewan dapat berjalan pada berbagai perangkat mobile Android. Jarak normal yang dapat terdeteksi oleh kamera adalah 6cm sampai 4m dengan ukuran marker 20 x 22cm. Berdasarkan pengujian bahwa keakuratan membaca marker rata rata 03:17 menit permarker. Keakuratan membaca marker juga dipengaruhi cahaya. Semakin terang cahaya maka marker semakin jelas dan marker cepat terdeteksi begitu pula sebaliknya Masih banyak kekurangan yang dapat dikembangkan, misalnya memperbanyak objek 3D hewan dan membuat animasi yang lebih baik, agar aplikasi lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami.


KATA KUNCI : Kata Kunci : Augmented Reality,Android,Teknologi