SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 12043092


NAMA MAHASISWA : ARIF LESMANA BAGUS FIRGANTORO


JUDUL TA : Sistem peramalan jumlah kecelakaan di jalan tol Surabaya - Gresik dengan menggunakan metode single exponential smoothing (PT bangun persada transportation)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rani Purbaningtyas


ABSTRAK : Jalan tol merupakan solusi yang dibangun pemerintah agar mampu mengurangi permasalahan yang terjadi di bidang transportasi dan efisiensi waktu. Namun pada realita yang ada penggunaan jalan tol tetap saja menimbulkan dampak negatif yakni salah satunya tingkat kecelakaan yang masih cukup besar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jumlah kecelakaan perbulan mengalami kenaikan atau penurunan setiap bulannya berdasarkan pintu tol dan golongan kendaraan. Untuk itu perlu dilakukan peramalan jumlah kecelakaan jalan tol, yaitu ruas jalan tol Surabaya - Gresik. Peramalan merupakan suatu kegiatan memprediksi masa depan menggunakan kondisi ataupun data dimasa lalu. Data yang di gunakan meliputi data nama pintu tol, golongan kendaraan, dan jumlah kecelakaan selama tiga tahun berasal dari PT Bangun Persada Transportation. Pada tugas akhir ini akan dilakukan peramalan menggunakan metode Single Eksponensial Smoothing. Dari pengujian dengan menggunakan α = 0,1 dihasilkan jumlah terbanyak peramalan kecelakaan jalan tol Surabaya - Gresik pada tahun 2016 yaitu Pintu tol Dupak Interchange berada pada golongan kendaraan II pada bulan Mei mencapai (0,9), pada pintu tol Tandes utama berada pada golongan kendaraan I pada bulan Juli mencapai (2,03), pintu tol Romokalisari berada pada golongan kendaraan I pada bulan Maret mencapai (3,90), pintu tol Kebomas berada pada golongan kendaraan II pada bulan Maret mencapai (1,80), dan untuk pintu ntol Manyar berada pada golongan kendaraan III pada bulan Maret mencapai (0,90). Secara keseluruhan pada tahun 2016 peramalan jumlah kecelakaan tertinggi berada pada bulan Juli yaitu mencapai (3,90) pada golongan I dan Dari pengujian error MSE, MAPE, MAE dan SSE dihasilkan bahwa perhitungan error MAE merupakan nilai error terbaik.


KATA KUNCI : Peramalan Jumlah kecelakaan jalan tol Surabaya-Gresik, Single Eksponensial Smoothing, MSE, MAPE, MAE, dan SSE.