SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 10043137


NAMA MAHASISWA : GINANJAR DWI SAPUTRO


JUDUL TA : Analisa Pembelian dan Penjualan Sayur Menggunakan Metode Apriori


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rani Purbaningtyas


ABSTRAK : Pada Tugas Akhir ini akan dibahas bagaimana mengimplementasikan sistem analisa pembelian dan penjualan sayur. Masalah yang di angkat adalah di dalam pembelian dan penjualan sayur tiap harinya tidak selalu berjalan mulus yang mengakibatkan keuntungan menjadi lebih kecil karena barang yang masih tersisa. Tujuan dari penelitian ini dapat memberikan bahan pertimbangan dalam melakukan pembelian dan penjualan sayur berdasarkan hasil analisa pembelian dan penjualan sayur dengan data pembelian dan data penjualan di bulan sebelumnya. Algoritma apriori adalah algoritma yang paling terkenal untuk menemukan pola frekuensi tinggi. Satu cara dari algoritma apriori adalah adanya pemangkasan kandidat k-itemset yang subset-nya yang berisi k-1 item tidak termasuk dalam pola frekuensi tinggi dengan panjang k-1. Hasil penelitian untuk analisa pembelian dan penjualan sayur menghasilkan beberapa aturan baik di dalam data transaksi pembelian dan data transaksi penjualan. Seluruh aturan yang terbentuk di evaluasi menggunakan Interest Factor. Di setiap pembelian yang dilakukan, jika membeli kangkung, bayam dan seledri maka akan membeli sawi, dan memiliki nilai confident 1, nilai interest factor 1.11 dan memiliki nilai korelasi positif. Sedangkan setiap penjualan yang dilakukan, jika membeli wortel, cabe dan jagung maka akan membeli sawi, dan memiliki nilai confident 0.9375, nilai interest factor 0.2784 dan memiliki nilai korelasi negatif.


KATA KUNCI : Analisa, Algortima Apriori, Itemset, Support, Confident, Evaluasi, Interest Factor, Korelasi.