SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 12043054


NAMA MAHASISWA : TOMMY FERDIANSYAH


JUDUL TA : Sistem Peramalan Stock Sepeda Motor Honda menggunakan metode Double Exponential Smoothing ( Study Kasus : Dealer Honda PT. Delta Sari Agung Sidoarjo )


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Arif Arizal


ABSTRAK : PT. Delta Sari Agung Sidoarjo adalah tempat untuk membeli sepeda motor merk honda di Kabupaten Sidoarjo. Stok di dalam gudang PT. Delta Sari Agung Sidoarjo saat ini tidak stabil, oleh sebab itu antara stok masuk dan stok keluar masih belum terkendali. Inventori (stock barang) merupakan permasalahan operasional yang sering dihadapi oleh perusahaan. Karena itu, manajemen harus bisa memutuskan berapa banyak suatu barang harus disiapkan (distock) untuk keperluan perusahaan. Peramalan adalah memperkirakan keadaan dimasa yang akan datang melalui pengujian keadaan dimasa lalu. Dalam kehidupan sosial segala sesuatu itu serba tidak pasti dan sukar diperkirakan secara tepat, sehingga diperlukan peramalan. Dengan kata lain peramalan bertujuan mendapatkan peramalan yang bisa meminimumkan kesalahan meramal (forecast error) yang biasanya diukur dengan mean square error, mean absoulute errror, dan sebagainya. Metode Double Exponential Smoothing digunakan untuk peramalan dengan cara menentukan besarnya α (alpha), serta dilakukan proses smoothing dua kali dan penelitian ini dibandingkan dengan JST-Matlab. Dari hasil perbandingan uji coba sistem peramalan dan Jst-Matlab terdapat selisih 16 buah sepeda motor dari stok sisa yaitu untuk hasil peramalan 622 dan hasil Jst-Matlab 638. Untuk tingkat error terkecil dari stok masuk, keluar, maupun sisa yaitu 3%.


KATA KUNCI : PT. Delta Sari Agung Sidoarjo, Sepeda motor Honda, Peramalan Stok, Double Exponential Smoothing, Mean Square Error.