SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 13043097


NAMA MAHASISWA : KIKI ACHMAD QUSYAIRI WAHYU KUSUMA


JUDUL TA : Peramalan Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) (Studi Kasus : UD. Wardana)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Eko Prasetyo


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rifki Fahrial


ABSTRAK : Penjualan sepatu kian hari makin meningkat seiring dengan berkembangnya tren yang ada di masyarakat. Hal ini membuat produsen sepatu dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. UD. Wardana sebagai salah satu produsen sepatu di Kota Mojokerto berupaya untuk memenuhi permintaan konsumen secara efisien agar penjualan sesuai dengan produksi. Untuk memprediksi penjualan sepatu digunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Metode ARIMA merupakan salah satu metode forecasting yang berdasarkan data masa lampau. Sebelum masuk ke tahap peramalan, dilakukan differensiasi pada data penjualan per hari selama tahun 2015-2016 dengan menggunakan rumus ACF dan PACF yang fungsinya adalah menentukan nilai koefisien p dan q yang nantinya digunakan dalam rumus peramalan tiap model yaitu AR, MA dan ARMA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan untuk kategori drumband didapatkan model terbaik yaitu MA dengan hasil ramalan pada periode akhir sebesar 95,6432 dan MSE sebesar 472,4514. Untuk kategori fashion didapatkan model terbaik yaitu AR dengan hasil ramalan pada periode akhir sebesar 57,1872 dan MSE sebesar 304,8306. Untuk kategori pernikahan didapatkan model terbaik yaitu AR dengan hasil ramalan pada periode akhir sebesar 21,4206 dan MSE sebesar 118,0681.


KATA KUNCI : ARIMA, forecasting, differensiasi, MSE, penjualan, peramalan