SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 12043103


NAMA MAHASISWA : AZYYATI NUR SYARAFINA WIBOWO


JUDUL TA : Clustering Untuk Pencarian Tipe Rumah yang Cocok Bagi Calon Konsumen Baru Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus: PT. Maxima Jaya Perkasa)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Eko Prasetyo


DOSEN PEMBIMBING 2 : Wiwit Herulambang


ABSTRAK : Bagi sebagian masyarakat indonesia, Rumah merupakan salah satu kebutuhan sekunder, sehingga dalam pemilihan perumahan yang tepat harus sesuai dengan keinginan konsumen.Dengan adanya perusahaan PT.Maxima Jaya Perkasa yang dirintis sejak tahun 2012 yang dimana data penjualan rumah diperusahaan tersebut bertambah sangat pesat disetiap tahunnya. Maka dapat dilakukan analisa data mining dengan menggunakan metode K-means clustering. K-means clustering adalah salah satu metode pengelompokan(clustering) data nonhirerarki (sekatan) yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk dua atau lebih kelompok. Metode ini mempartisi data kedalam kelompok sehingga data berkarakteristik sama dimasukan ke dalam satu kelompok yang sama dan datayang berkarakteristik berbeda di kelompokan ke dalam kelompok yang lain. Penelitian ini menggunakan data seperti penghasilan gaji,umur,status, harga rumah dan angsuran KPR. Hasil penelitian ini dengan dilakukan dua kali pengujian menggunakan 12 data latih dan 100 data latih dengan di tambah 1 data uji dan didapat nilai akurasi sebesar 83% dan error sebesar 17%.


KATA KUNCI : K-means Clustering, Rumah, Perumahan, Euclidean, Gaji, Harga Rumah, Angsuran KPR