SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 11042007


NAMA MAHASISWA : ACHMAD RIFAI


JUDUL TA : PERENCANAAN ULANG JEMBATAN KLINTER CANGGU-JETIS MOJOKERTO MENGGUNAKAN STRUKTUR UTAMA KOMPOSIT BAJA–BETON DENGAN BENTANG 60 METER


DOSEN PEMBIMBING 1 : Tri Wardoyo


DOSEN PEMBIMBING 2 :


ABSTRAK : ABSTRAK PERENCANAAN ULANG JEMBATAN KLINTER CANGGU–JETIS MOJOKERTO MENGGUNAKAN STRUKTUR UTAMA KOMPOSIT BAJA – BETON DENGAN BENTANG 80 METER Achmad Rifa’I (11042007) Pembimbing : Ir. TRI WARDOYO, MT Pada perancanaan jembatan komposit baja – beton dalam tugas akhir ini dijelaskan perihal uraian proses perencanaan jembatan komposit baja – beton yang menggunakan baja profil WF untuk struktur utama. Perencanaan jembatan komposit ini direncanakan dengan menggunakan pedoman dan peraturan dari SNI. Dari data yang ada, jembatan komposit baja – beton ini memiliki total bentang 60 m, dibagi menjadi 2 bentang sepanjang 30 meter pada masing – masing bentang. Jembatan tersebut direncanakan selebar 9 m dengan 2 lajur 2 arah masing – masing selebar 3,5 m. plat lantai menggunakan beton dengan mutu beton (fc’) 25 MPa, dan mutu baja tulangan (fy) 360 Mpa. Dari hasil perhitungan perencanaan yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : Pada dimensi struktur utama menggunakan (WF 1400X450X20X50), dimensi diafragma (WF 500X200X10X16), perletakan sendi – rol dengan landasan (Laminated Elastomeric Bearings with European EN 1337 – 3 Type B dengan ukuran 250X400X85) Pada struktur bawah jembatan, dimensi abutment direncanakan dengan tinggi 6,1 m dan lebar penampang pilecap abutment 3,4 m, mutu beton (fc’) 35 MPa, mutu baja tulangan (fy) 360 Mpa, jumlah tiang pancang abutment 16 buah dengan diameter 50 cm dengan kedalaman 8 m. Sedangkan untuk dimensi pier jembatan direncanakan dengan tinggi 8 m dan lebar penampang pilecap pier 5,25 m, mutu beton beton (fc’) 35 Mpa, dan mutu baja tulangan (fy) 360 Mpa, dengan jumlah tiang pancang 28 buah dengan diameter 50 cm dengan kedalaman 8 m.


KATA KUNCI : Jembatan komposit, Abutment, Pier