SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 10043158


NAMA MAHASISWA : NURYONO HARIYADI


JUDUL TA : Implementasi sistem pengaturan jadwal kunjungan teknisi menggunakan priority scheduling studi kasus (PT.Panasonic Gobel Indonesia)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Arif Arizal


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rifki Fahrial


ABSTRAK : Elektronik merupakan barang kebutuhan umum yang akan berkaitan dan selalu digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat maupun instansi perusahaan guna untuk menunjang kegiatan maupun pekerjaan sehari-hari. Sehingga barang elektronik secara tidak langsung menjadi barang kebutuhan yang cukup utama khusunya untuk sebuah instansi perusahaan. Apabila terjadi kendala atau kerusakan pada sebuah elektronik akan mempengaruhi kegiatan maupun pekerjaan pada sebuah instansi perusahaan maupun masyarakat perorangan. Jika terjadi kerusakan seluruh konsumen pasti ingin barang elektronik bisa diperbaiki dengan cepat dan efektif. Sedangkan dari pihak produsen khususnya PT. Panasonic Gobel Indonesia masih banyak kantor cabang yang menggunakan mekanisme jadwal kunjungan ketempat konsumen dengan sistem manual sehingga mempengaruhi efektifitas dan kinerja perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keterlambatan kedatangan teknisi serta tidak adanya record data konsumen sehingga bisa mempersulit perbaikan elektronik. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi pendukung keputusan yang dapat mengolah data konsumen yang masuk, sehingga memudahkan teknisi maupun user dalam melayani konsumen. Tugas akhir ini menggunakan 100 data uji yang diinput berdasarkan data informasi laporan yang masuk dari setiap konsumen. Selanjutnya data informasi konsumen yang masuk per hari akan diproses berdasarkan bobot prioritasnya. Setelah adanya sistem pendukung keputusan pengaturan jadwal kunjungan teknisi ketempat konsumen, dapat meningkatkan kinerja teknisi terutama bisa mengurangi keterlambatan kedatangan ditempat konsumen serta pelayanan kepada konsumen jadi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan sistem manual yang dilaksanakan selama ini.


KATA KUNCI : Sistem Pendukung Keputusan, Data Laporan Konsumen, Priority Scheduling