SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 08043001


NAMA MAHASISWA : NUGRAH RAHMANSYAH RIYANTO


JUDUL TA : Aplikasi Game Halma Menggunakan Metode Backtracking


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rr. Ani Dijah Rahajoe


ABSTRAK : Setiap manusia ingin menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan secepat-cepatnya dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mengefisienkan sumber daya yang dimiliki terhadap batasan-batasan yang ditemui pada suatu masalah. Khususnya permasalahan yang selalu terdapat pada bidang informatika adalah pencarian metode atau algoritma yang lebih mangkus untuk mencapai solusi. Oleh karena itu dibutuhkan langkah-langkah tertentu yang dapat dijadikan acuan untuk membantu pemecahan masalah tersebut. Salah satunya adalah pemecahan algoritma runut balik (backtracking) yang sering digunakan untuk membuat program khususnya permainan dan kecerdasan buatan. Algoritma-algoritma selain runut balik pun sebenarnya cukup mangkus untuk mencari solusi di antara kemungkinan solusi yang ada. Akan tetapi, waktu komputasi yang dibutuhkan algoritma lain biasanya akan meningkat dengan drastis seiring dengan pertambahan ukuran persoalan yang membesar. Karena itulah dibutuhkan metode untuk lebih memangkuskan algoritma tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan metode runut balik. Runut balik itu sendiri adalah algoritma yang berbasis pada DFS untuk mencari solusi persoalan secara lebih ringkas. Dengan metode runut balik, kita tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada. Hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan. Akibatnya, waktu pencarian dapat dihemat.


KATA KUNCI : game, backtracking, DFS