SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 14043060


NAMA MAHASISWA : ARDINA ANGGIE CHRISTANTIE


JUDUL TA : Studi Rekomendasi Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Berdasarkan Ragam Metode Perhitungan Berat Badan Ideal


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rani Purbaningtyas


DOSEN PEMBIMBING 2 : Syariful Alim


ABSTRAK : Saat ini, Indonesia menghadapi masalah gizi ganda, yaitu masalah gizi kurang dan masalah gizi lebih. Pola makan merupakan hal yang paling berpengaruh dalam keadaan gizi individu. Gizi yang tidak optimal akan berkaitan dengan kesehatan yang buruk. Masalah gizi pada hakikatnya adalah masalah kesehatan masyarakat, namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis secara mendalam untuk menentukan kebutuhan gizi tiap individu. Tingkat kecukupan gizi dan berat badan ideal akan di analisis menggunakan rumus Berat Badan Ideal (BBI) Konvensional, rumus Broca, dan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT). Kebutuhan kalori harian akan di analisis menggunakan rumus Energi Metabolisme Basal (EMB) berdasarkan IMT, rumus Harris Bennedict, dan rumus Perkeni. Rekomendasi asupan gizi akan dihitung menggunakan formulasi yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah perhitungan status gizi, berat badan ideal, kebutuhan kalori harian, dan rekomendasi asupan gizi yang mengacu pada standar kecukupan gizi yang dimiliki Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan juga memberikan rekomendasi jumlah bahan makanan yang harus dikonsumsi individu untuk memenuhi kebutuhan kalori harian yang disesuaikan dengan kriteria masing-masing individu yaitu Normal (tidak sakit), penderita Jantung Koroner, dan penderita Diabetes Mellitus.


KATA KUNCI : Gizi, Berat Badan Ideal, BBI Konvensional, Indeks Massa Tubuh (IMT), Broca, Harris Bennedict, Perkeni, Jantung Koroner, Diabetes Mellitus.