SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 10043008


NAMA MAHASISWA : BUDI DARMA SAHITRI


JUDUL TA : Sistem Pakar Monitoring Kerusakan Taksi Roda Dua PT. Sahabat Solusi Intermoda


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Eko Prasetyo


ABSTRAK : PT Sahabat Solusi Intermoda ialah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi yang berada di kota Surabaya. Transportasi yang digunakan dalam perusahaan ini ialah kendaraan roda dua yang dapat disebut juga dengan taksi roda dua. Dalam melayani pelanggan, area kerja taksi roda dua ini melayani seluruh area Surabaya. Dalam melayani para pelanggan, taksi roda dua ini memiliki beberapa kendala, selain kendala cuaca, armada taksi roda dua ini memiliki kendala pada kerusakan mesin kendaraan. Untuk mengatasi kendala ini maka perusahaan menginginkan suatu sistem yang dapat mendeteksi kerusakan setiap armada berdasarkan gejala – gejala yang dirasakan pada tiap – tiap armada. Sistem pakar adalah suatu model dan prosedur yang berkaitan, dalam suatu domain tertentu, yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar. Sistem pakar harus mampu bekerja dalam ketidakpastian. Sejumlah teori telah ditemukan untuk menyelesaikan ketidakpastian, termasuk diantaranya probabilitas klasik (classical probability), probabilitas Bayes (Bayesian probability), teori fuzzy Zadeh (Zadeh’s fuzzy theory) dan faktor kepastian (certainty factor). Oleh karna itu maka penelitian ini menggunakan metode forward chaining dan certainty factor. Metode forward chaining adalah metode atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Sedangkan certainty factor adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti.


KATA KUNCI : Sistem Pakar, Pakar, Certainty Factor, Forward Chaining