SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 10043101


NAMA MAHASISWA : MEGO ANGGORO


JUDUL TA : Aplikasi Persiapan Barang yang akan Dijual Menggunakan Metode Apriori (Studi Kasus : Giant Kapasan)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rifki Fahrial


DOSEN PEMBIMBING 2 : Hasti Afianti


ABSTRAK : ABSTRAK Giant merupakan perusahaan ritel dengan format swalayan atau supermarket. Giant swalayan harus mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumennya untuk memberikan kenyamanan dalam berbelanja di swalayan tersebut.Akan tetapi swalayan juga harus memikirkan kemudahan karyawan dalam menempatkan barang digudang. Apabila stock barang di display menipis karyawan bisa cepat menambah stock barang tersebut dengan cepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis pola perilaku belanja konsumen adalah analisis menggunakan bantuan algoritma apriori, yang merupakan algoritma MBA yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then ”. Teknik tersebut bisa diterapkan dalam data yang sangat besar seperti data transaksi penjualan. Hasil analisa perilaku belanja konsumen, diperoleh aturan-aturan pengadaan barang. Aturan yang bisa dibentuk dengan nilai minimum support dan minimum confident tertinggi memperlihatkan bahwa aturan barang yang bisa dihasilkan adalah {Sedap Mie Rasa Ayam Spc 69g  Cleo Air Minum Extra Oxygen 550 ml}. Berdasarkan hasil tersebut, maka pihak Giant Kapasan sebaiknya melakukan pengadaan barang Cleo Air Minum Extra Oxygen 550ml apabila melakukan pengadaan barang Sedap Mie Rasa Ayam Spc 69g. Kata Kunci: Data Mining, Algoritma Apriori, Analisa Perilaku Belanja Konsumen.


KATA KUNCI : Data Mining, Algoritma Apriori, Analisa Perilaku Belanja Konsumen.