SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 08043043


NAMA MAHASISWA : SUWARIYONO


JUDUL TA : Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Customer Service Terbaik Menggunakan Metode AHP ( Studi Kasus : Grapari Telkomsel Bukit Darmo )


DOSEN PEMBIMBING 1 : Rani Purbaningtyas


DOSEN PEMBIMBING 2 : Rifki Fahrial


ABSTRAK : Customer service merupakan salah satu posisi penting dalam suatu perusahaan karena berada di garda depan dalam melayani segala permasalahan pelanggan. Melihat pentingnya customer service pada perusahaan, maka proses penyeleksian customer service terbaik merupakan bagian yang penting dalam menentukan para kandidat terbaik yang nantinya akan dijadikan contoh bagi sesama serta nilai tambah dalam pengangkatan menjadi posisi yang lebih tinggi dalam divisi yang sama. Selama ini proses penyeleksian customer service terbaik dilakukan oleh pihak Service Management dengan data yang saling terpisah untuk masing – masing kriteria, disamping itu penilaian yang bersifat secara langsung hanya dilakukan secara sampel terhadap beberapa customer service yang memiliki nilai tinggi dalam kriteria tertentu saja. Padahal kriteria yang dijadikan dasar tersebut sebenarnya kurang mencakup keseluruhan secara global atas kriteria penilaian terhadap customer service itu sendiri dari semua kriteria yang dibutuhkan. Hal tersebut dirasa kurang valid dalam proses penentuan customer service terbaik serta tidak semua customer service bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam menjadi calon customer service terbaik, hasil penilaian pun dirasa kurang obyektif. Tujuan Penelitian adalah merancang Sistem Pendukung Keputusan penentuan customer service terbaik di Grapari Telkomsel, untuk memudahkan pihak manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan penentuan customer service terbaik di Grapari Telkomsel. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisa yang meliputi studi kepustakaan dan survei langsung ke Grapari Telkomsel, serta metode perancangan yang meliputi perancangan database, perancangan model base, dan perancangan dialog. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah dirancangnnya Sistem Pendukung Keputusan Customer Service Terbaik Grapari Telkomsel. Sistem Pendukung Keputusan mengolah data dengan menggunakan model, salah satu pilihan model tersebut adalah AHP, dan menghasilkan informasi yang membantu seorang pengambil keputusan dalam mengambil keputusan yang efektif. Kriteria dan alternatif yang dinilai dalam sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari penilaian atas kriteria – kriteria yang diperlukan. Proses penyelesaian metode adalah menentukan urutan prioritas kriteria dan alternatif, menentukan lamda, lamda maks, consistency index, ratio consistency, dan menghitung skor customer service. Berdasarkan hasil ujicoba yang telah dilakukan, aplikasi yang dibangun telah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sistem dengan metode AHP dapat diterapkan pada aplikasi dan dapat memberikan rekomendasi calon customer service terbaik yang dipilih dari beberapa kandidat sesuai dengan kriteria dan subkriteria yang diinginkan .


KATA KUNCI : AHP, Penentuan, Sistem Pendukung Keputusan