SELENGKAPNYA

NIM MAHASISWA : 14042035


NAMA MAHASISWA : FAZAR CHOIRUL ZAMAN


JUDUL TA : EVALUASI TINGKAT KONDISI LAPISAN PERMUKAAN JALAN PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)


DOSEN PEMBIMBING 1 : Anik Budiati


DOSEN PEMBIMBING 2 :


ABSTRAK : Secara umum jalan dibangun sebagai prasarana untuk memudahkan mobilitas dan aksesibilitas kegiatan sosial ekonomi dalam masyarakat. Keberadaan jalan raya sangatlah diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi, serta sektor lainnya. Mengingat manfaatnya yang begitu penting maka dari itulah sektor pembangunan dan pemeliharaan jalan menjadi prioritas untuk dapat diteliti dan dikembangkan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta pemeliharaannya. Ruas jalan H. Anwar Hamzah Surabaya sepanjang sekitar 3 km mengalami kerusakan yang cukup signifikan, baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat pada beberapa ruas jalan dan hampir sepanjang ruas jalan tersebut Kondisi lapisan permukaan jalan terkait dengan kerusakan jalan. Kerusakan jalan di sebagian ruas jalan tersebut mempengaruhi arus lalu lintas di jalan. Nilai dan tingkatan kerusakan jalan menjadi acuan untuk memperbaiki kualitas jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan pada permukaan jalan dan mendapatkan nilai index kondisi kerusakan perkerasan jalan. Serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PCI (Pavement Condition Index). PCI (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan. Metode penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pengumpulan data, tahap perhitungan nilai PCI dan tahap analisis nilai PCI. Pengumpulan data dan pengukuran dimensi kerusakan dilakukan di Ruas Jalan H. Anwar Hamzah Surabaya. Tahapan perhitungan PCI mencakup distress density, deduct value (DV), total deduct value (TDV), nilai q, dan corrected deduct value (CDV). Hasil penelitian di kilometer pertama terdapat kerusakan sebanyak 36, di kilometer kedua terdapat kerusakan sebanyak 24, dan di kilometer ketiga terdapat kerusakan sebanyak 23 kerusakan tersebut antara lain amblas, retak memanjang, retak kulit buaya, bahu jalan turun, lubang dan tambalan. Jalan terbagi atas 3 ruas dan masing-masing ruas memiliki nilai PCI. Ruas kilometer pertama memiliki nilai PCI 49,1 ; ruas kilometer kedua memiliki nilai PCI 70,5 dan ruas kilometer ketiga memiliki nilai PCI 68,9. Total nilai PCI pada Ruas Jalan H. Anwar Hamzah Surabaya adalah 62,83. Nilai PCI tersebut tergolong kedalam kategori (good) baik. Pemeliharaan yang sesuai yaitu pemeliharaan berkala setiap per 5 tahun


KATA KUNCI : Kata Kunci: Kerusakan jalan, Nilai pavement condition index (PCI), Jenis pemeliharaan